Apa Bedanya WHM dan cPanel

Apa Bedanya WHM dan cPanel

cPanel dan WHM yaitu piranti lunak yg menghasilkan pandangan hidup lebih gampang terhadap diler webhosting dan pemilik website website yang mereka layani.

cPanel dan WHM solo mampu diartikan sbg Penghubung program-program situs bersama website hosting.

Margin Cpanel dan WHM

cPanel

Cpanel yaitu pengecekan panel terproteksi. buat masuk perlu username dan password berita semenjak akses Cpanel dan login ada dekat email aktivasi hosting. Cpanel solo ditampilkan dalam format website base, artinya sanggup diakses lewat browser internet, andaikan Internet Explorer, Firefox, Safari, dll. khasiat Cpanel yaitu yang merupakan jembatan perintah-perintah teknis ke program-program pendukung website yg berada di website server. program pendukung web contohnya database MySQL, Apache/LiteSpeed, PHP, dll. karena fungsinya sbg jembatan, sehingga web designer sanggup menyelenggarakan kebutuhan situs sekian banyak diataranya ialah :

– Membuat/hapus awal email
– Membuat email forwarder
– Membuat/hapus nama/user database MySQL
– Upload file-file situs dan database
– Atur konfigurasi PHP
– Menonton perangkaan visitor website
– Konfigurasi keamanan (security) folder/website
– Pengaturan sub domain/parkir domain dan penambahan domain (addon domain)
– Install instan script website ibarat wordpress, joomla, dll.
– Dan tidak sedikit lagi.

WHM 

Panitia webhost (WHM) meninggalkan pemasok hosting bersama antarmuka grafis kepada mengurus tiap-tiap account di server. atau WHM bisa disebut lagi suatu halaman situs yg dipakai kepada memanage layanan-layanan atau guna reseller, dan guna administrator WHM kembali dimanfaatkan guna memanage seluruhnya website yang ada bagi server hosting.

Melalui WHM pengguna bersama level akses tertentu diizinkan memanfaatkan keistimewaan bagi memanage domain-domain yg terhosting disana, perumpamaan buat memanage quota bandwidth dan diskspace untuk masing-masing domain yg telah di tambahkan ke hosting, termasuk guna menerbangkan menyunting dan menghapus domain di hosting.

Dikala kita mengerek domain lewat WHM, sehingga setiap domain tercatat akan mempunyai account cpanel yg berbeda-beda, tunggal domain yang ditambahkan ke hosting lewat WHM) wahid account cpanel.

Dengan WHM software, manajer sanggup mengkonfigurasi service, deployment bungkusan pemeriksaan DNS dan konfigurasi FTP, account, sistematika keamanan, 
dan banyak lagi.

Perbedaan cPanel dan WHM

cPanel digunakkan terhadap menimbulkan satu buah website walaupun WHM digunakkan untuk membentuk sekian banyak atau banyak website dan tambah buat menubuhkan hosting servernya sendiri khusus buat admin hosting). customer yang menghostingkan domain bakal membutuhkan cpanel guna memanage berupa-rupa aspek pada web mereka. sehingga bermunculan lah di jasa hosting guna Reseller customer bersama bungkusan hosting lebih mulai sejak wahid domain) dan maskapai situs hosting dapat memakai WHM pada menerbitkan tidak sedikit domain menjulang menghapus dan memodifikasi domain sedang kurnia yang lain tapi tidak untuk memanage pengaturan dengan cara individu masing-masing domain.

Jadi cpanel dan WHM yaitu sebuah konsolidasi yg sangat bagus terhadap memanage sebuah situs hosting. bersama antarmuka yang user friendly dan lumayan lazim maka mempermudah kita bagi membuatkan sistem situs hosting tidak dengan harus memiliki bidang dan wawasan sekitar antarmuka UNIX atau LINUX command line.

Oke jangan-jangan lumayan asal administrator :) mudah-mudahan sesudah menyuarakan artikel di atas sobat ingat apa itu cPanel dan apa itu WHM hehee

Komentar